Traveling Singapore? Kenali Perbedaan Antara Ez Link, STP dan STP Plus


Buat kamu yang mau solo traveling ke Singapura dalam waktu dekat ini, sepertinya kamu perlu mengetahui perbedaan antara Ez Link, STP dan STP Plus selama berada di Singapura.

Ketiga kartu tersebut bisa digunakan untuk menaiki beberapa transportasi yang ada di Singapura seperti MRT, LRT dan Bus. Transportasi umum di Singapura termasuk yang terbaik di dunia. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kesasar karena ada banyak petunjuk yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa aktifkan paket internet kamu atau mengambil beberapa brosur peta MRT di passengers service bandara yang juga menyediakan ketiga kartu tersebut.
Lalu sebaiknya mana yang kamu pilih antara Ez Link, STP dan STP Plus saat berwisata di Singapura? Masing-masing memiliki kelebihan dan juga memiliki kekurangannya. Untuk lebih jelasnya Yuk kita simak Apa perbedaan dari ketiga kartu tersebut seperti dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.


Kartu Ez Link

Untuk kartu Ez Link, harganya sekitar 12 dolar Singapura. Harga tersebut sudah memiliki saldo sebesar 7 dolar Singapura dan sisanya 5 dollar Singapura merupakan harga pembelian kartu Ez link Singapore.
Kartu Ez Link tidak berbeda jauh dengan kartu pembayaran non tunai yang ada di Indonesia yang diterbitkan oleh beberapa bank. Biasanya harganya sekitar Rp50.000. Harga tersebut sudah termasuk saldo sebesar Rp30.000 dan harga kartunya sendiri sekitar Rp20.000.
Nah, jika kamu memang berencana untuk sering mengunjungi Singapura, ada baiknya kamu miliki kartu ini. Karena kamu bisa mengatur dana top up sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk pengisian isi ulang atau top up sudah cukup banyak mesin isi ulang yang bisa kamu gunakan di beberapa Stasiun MRT maupun di bandara. Caranya sangat mudah, tinggal ikuti saja petunjuknya dan tentunya kamu harus memiliki uang Dolar Singapura.
Kartu Ez Link ini berlaku selama 5 tahun. Minimal top up adalah sebesar 10 dolar Singapura. Jika kamu memang tidak memiliki banyak lokasi wisata yang hendak dikunjungi saat di Singapura, kartu Ez Link sangat cocok untuk kamu gunakan untuk menghemat biaya.
Namun perlu kamu ingat bahwa kamu harus rajin mengecek saldo yang ada dalam kartu Ez Link kamu. Pasalnya kamu tidak bisa menggunakannya jika saldonya kurang dari 3 Dollar Singapura.

Kartu Singapore Tourist Pass (STP)

Buat kamu yang memang sudah berencana sejak jauh hari ingin traveling di Singapura dalam waktu yang cukup lama ataupun seharian dengan mengunjungi banyak lokasi wisata, sebaiknya kamu membeli kartu Singapore tourist pass.
Harga kartu ini cukup terjangkau sekitar 10 dolar Singapura untuk penggunaan selama 1 hari. Namun kamu harus memberikan uang jaminan sebesar 10 dolar Singapura. Sehingga yang kamu bayarkan pada saat awal adalah sebesar 20 dolar Singapura. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena uang deposit kamu bisa diambil kembali. Yang jelas kamu harus mengembalikan kartu STP kamu sesuai ketentuan yang berlaku.
Kartu Singapore tourist pass bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak diatas 3 tahun. Untuk harga kartu STP selama 2 hari kurang lebih harganya sekitar 16 dolar Singapura. Sedangkan untuk 3 hari sekitar 20 dolar Singapura.
Kartu STP ini merupakan kartu sakti saat kamu traveling di Singapura. Kartu ini bisa digunakan tanpa batas alias unlimited untuk menaiki beberapa transportasi yang ada di Singapura seperti bus umum, MRT, dan juga LRT.
Jika kamu tidak ingin mengembalikan kartu ini kamu bisa memilikinya. Masa kadaluarsanya adalah 6 hari sejak pembelian. Jika sudah melewati 6 hari sejak pembelian maka kamu tidak bisa mengambil uang deposit. Namun kamu masih tetap bisa mempergunakan kartu SD tersebut dan fungsinya berubah menjadi kartu Ez link, yang dananya bisa di top up.

Kartu Singapore Tourist Pass Plus (STP Plus)

Kartu STP Plus sebetulnya tidak berbeda jauh dengan kartu STP biasa. Namun kartu STP Plus memiliki beberapa fasilitas tambahan. Fasilitas tersebut sudah termasuk bisa digunakan untuk menaiki transportasi umum seperti bus, MRT, dan LRT di Singapura. Tambahan lainnya kamu bisa melihatnya di bawah ini.
Pilih 4 dari 9 keuntungan STP Plus
  1. Laksa at Cravilla
  2. Mee Siam at Cravilla
  3. Kaya Toast Set at Cravilla
  4. Curry Chicken at Cravilla
  5. Chee Cheong Fun at Cravilla
  6. Cha Soba at Hokkai Villa
  7. Singapore Sling at ;D Happy Factory
  8. Admission to Mint Musuem of Toys
  9. Admission to Chinatown Heritage Centre
Untuk harga kartu STP Plus satu hari dikenakan biaya 28 dolar Singapura. Namun jika digunakan untuk 3 hari kamu perlu membayar sebesar 38 dolar Singapura. Harga tersebut belum termasuk deposit 10 dolar Singapura.
Batu ini bisa kamu dapatkan di beberapa Pusat layanan penumpang seperti di Bandara Changi ataupun di beberapa Stasiun LRT dan MRT yang ada di Singapura.

Sumber : http://blog.reservasi.com


1 comment:

  1. Katanya klw stp + gda deposit?
    4 bonus makanannya itu halal ga yah?

    ReplyDelete