Istilah Perhotelan
Sebagai seorang hotelier, kita harus memahami berbagai macam
istilah yang terbilang cukup rumit untuk dipahami terutama bagi para pemula
dalam bidang perhotelan.
Istilah-Istilah Perhotelan tersebut terbilang langka dan
jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, Berikut istilah-istilah dalam
perhotelan :
A la carte : Penyajian makanan dengan cara taking order,
seperti di warung atau lesehan
Arrival : Kedatangan
tamu ke hotel
Agent rate : Harga kamar yang dikhususkan untuk Travel Agent
Allotmant : Penjatahan kamar untuk travel agent
Average Room Rate :
Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara
pendapatan yang diperoleh dari
kamar dengan jumlah kamar yang terjual.
Average Occupancy :
Rata-rata tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan
cara membandingkan antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang
tersedia.
Booking : Pemesaanan kamar
Blocking room : Kamar yang diblok untuk suatu keperluan
Book Keeping rate :
Rate harga untuk pertukaran mata uang per dollar amerika yang
dijadikan standar oleh
Breakfast : Sarapan yang biasanya digratiskan oleh pihak
perhotelan
Buffet : Penyajian makanan yang dilakukan dalam
bentuk prasmanan
Check-in (C/i) : Kedatangan tamu untuk menginap
Check-out (C/o) : Tamu meninggalkan hotel setelah selesai
menginap
Check-in time : Waktu yang semestinya untuk melakukan
check-in di kamar
Check-out time : Waktu untuk meninggalkan kamar hotel biasanya
jam 12,00
Cocktail : Minuman dengan alkohol
Contract Rate : Harga kamar yang diberikan pihak hotel
ke travel agent berdarsarkan term and condition
Compensation : Pelayanan extra yang diberikan kepada tamu
atas dasar kesalahan atau
kekurangan
yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut
Clear-up : Membersihkan sisa makanan di meja tamu
beserta wadahnya
Corporate rate : Harga kamar yang dikhususkan untuk
instansi pemerintah atau swasta yang telah
memiliki banyak kerjasama satu sama lain
Compliment : Pemberian cuma-cuma sebagai hadiah
Departure : Keberangkatan tamu dari hotel ke hotel
ataupun destinasi lain
EA : Estimasi Arrival ( perkiraan Jumlah tamu yang
akan menginap )
ED : Estimasi Departure ( perkiraan Jumlah tamu yang akan check-out )
ETA : Estimasi Time Arrival ( perkiraan waktu
kedatangan )
ETD : Estimasi Time Departure ( perkiraan waktu
Keberangkatan )
Early Check-in : Check-in lebih awal dari waktu yang
ditentukan oleh Hotel
( Ada yang free, ada yang kena biaya
tambahan)
Fully booked : Kamar sudah terpesan semua
Follow-up : Menyelesaikan masalah yang tertunda atau yang
sedang terjadi
FOC (Free of
Charge) : Gratis.
Hospitality : Keramahtamahan.
In House : Tamu yang sudah menginap/Check-in (Jumlah
kamar yang sudah Check-in)
In-house
promotion : Kegiatan promosi yang dilakukan secara
internal dalam suatu perusahaan.
Internal Customer :
Pelanggan internal yang berada dalam suatu lingkungan
organisasi/perusahaan,
Contoh: karyawan, stockholder, dsb. Invoice
Tagihan-tagihan.
Lobby : Bagian depan front desk atau resepsionis
Late Check-out : Tamu meninggalkan hotel dengan waktu yang
tidak semestinya seperti jam 14,00
atau setelahnya (Biasanya akan dikenakan
biaya tambahan)
Lost And Found : Pelayanan untuk masalah kehilangan dan
penemuan barang-barang milik tamu, baik di kamar
maupun di area hotel.
Mocktail : Minuman tanpa alkohol
Menu : Daftar harga dari sebuah pelayanan atau
barang
Net : Harga dari sebuah barang atau jasa setelah
ditambahkan dengan pajak dan
pelayanan ( tax and service )
No Show Guest : Tamu yang
sudah melakukan pemesanan kamar/reservasi, tetapi tidak datang pada waktu
yang
telah ditentukan.
OTA : Online Travel Agent ( Ex : Agoda, Expedia )
Out of Order : Tidak bisa di pergunakan lagi
Occupancy : Tingkat hunian.
Package : Penjualan kamar yang disertai dengan berbagai
macam pelayanan dalam satu harga khusus
Price List : Daftar harga dari sebuah jasa atau barang
perhotelan
Publish Rate : Harga kamar yang telah diresmikan dan
diberikan secara menyeluruh
Porter : Petugas pembawa barang.
Pick-up Service : Penjemputan/Pengantaran dari dan ke Hotel
tujuan Airport/Stasiun
Skipper : Tamu yang meninggalkan hotel tanpa membayar
seluruh tagihannya.
Stay Over : Tamu yang memperpanjang masa
tinggalnya di hotel.
Surcharge : Bayaran tambahan.
Sleep Out : Tamu yang tidak tidur di hotel,
meskipun kamar sudah dibayar.
Turn Down : Pembersihan Kamar
Under Stay : Tamu yang mempersingkat masa tinggalnya dari
waktu yang telah ditentukan.
Updating : Penyesuaian terhadap data yang telah dicatat
sebelumnya sampai dengan waktu tertentu.
Up Grade : Diberikannya kamar yang lebih baik dengan
membayar harga kamar tipe yang lebih rendah.
Valet Butler : Petugas yang memberikan pelayanan khusus
kepada tamu.
Valet Laundry : Petugas binatu yang mengambil maupun
mengantar cucian tamu dari/ke kamar.
Valet Parking : Petugas yang membawa, memasukkan kendaraan.
Voucher : Sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak biro
per jalanan/perusahaan penerbangan yang
mempunyai nilai tertentu yang dapat dipakai untuk menginap di hotel.
vouchers Kertas berharga bukan pengganti uang. Biasanya untuk
mendapatkan barang.
Vacuum : Membersihkan kotoran yang berada di kamar
ataupun kolam renang
Walk In Guest
(WIG) : Tamu yang menginap di hotel tanpa
memesan terlebih dahulu.
Wake Up Call : Dering telepon dari switchboard untuk
membangunkan tamu.
Waiting Lounge : Tempat tunggu.
Goa Pindul
Goa Pindul
atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran
sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat
khusus di Jogja.
Goa Pindul
memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu
normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan
pengunjung sendiri.
Lebar antar
dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas
sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.
Namun ada
salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing saja
(akan kami bahas di bawah), ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul
hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata
ini kami beri nama Cave Tubing Pindul.
Gua Pindul
merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun
Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul.
Tepatnya di
sebelah timur kota Yogyakarta. Desa ini termasuk "Desa Wisata" di GunungKidul
Yogyakarta.
Sejak tahun
2010 silam Obyek Wisata ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan
hingga sekarang masih menjadi target destinasi untuk para wisatawan lokal,
nasional maupun internasional.
Tidak ada
batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat
aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, kami
pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini.
Setiap
wisatawan yang ingin menyusuri gua,
wajib mengenakan peralatan khusus yang sudah kami sebutkan di atas, dan wajib
didampingi pemandu/guide dari pengelola.
Cara
menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu
dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung, kami menyebut
wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul.
Ban besar
(tubing) tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang
di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air.
Sementara
jaket pelampung di pakai seperti rompi, dengan ukuran tertentu yang mampu
menahan berat badan lebih dari 100 kg tetap mengambang di permukaan air. Kami
memastikan anda tidak akan tenggelam jika memakai jaket pelampung yang kami
sediakan, karena sudah memenuhi standart team SAR.
Di tempat ini,
di sediakan 3 jenis ukuran yang berbeda,
yaitu kecil (untuk anak-anak), sedang/medium (all size untuk orang dewasa),
besar (jumbo), dapat dipilih dan sesuaikan dengan ukuran tubuh.
Sebelum
penyusuran wisatawan wajib melalui salah satu operator/pengelola. Dan wijib
melakukan pembelian tiket.
Dari
pembelian tiket wisata di Wirawisata (mungkin berbeda dengan operator lain)
Wisatawan mendapatkan fasilitas : Peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban
tubing. Fasilitas di basecamp adalah tempat nyaman dan luas, free wifi hotspot,
free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu
lokal dan asuransi.
Ases Goa
Pindul :
Untuk dapat
menuju ke lokasi goa ini Anda dapat membawa kendaraan pribadi atau kendaraan
sewa.
Dengan
kendaraan pribadi rutenya :
Dari Kota
Yogyakarta menuju Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dari Wonosari Anda langsung
menuju ke Karangmojo. Setelah sampai di perempatan Argopolitan, belok kiri dan
ikuti jalan desa. Anda sudah sampai di Desa Bejiharjo, dan Dusun Gelaran tidak
jauh dari situ.
Sedangkan
bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, rutenya :
Anda dapat
menggunakan bus jurusan Yogya-Wonosari dengan tarif Rp 6.000 sekali jalan. Dan
dari Wonosari Anda dapat menggunakan ojek menuju Desa Bejiharjo, Dusun Gelaran
dengan biaya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.
Biaya tiket
masuk :
Biaya yang
harus dikeluarkan sekitar Rp 30.000 - 40.000 (minimal 5 orang.
Jam buka :
Goa Pindul
buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Waktu yang tepat
untuk menyusuri sungai adalah sekitar pukul 10.00-12.00 WIB.
Panduan Install PrintServer-NOFEP Sabre
Print Server NOFEP (Print server Sabre) berfungsi untuk menghubungkan antara sistem Sabre dengan print pada komputer kita, sehingga saat kita issued/cetak tiket maka secara otomatis tiket beserta Inv akan keluar/ke print.
Berikut Panduan Instal Print Server-NOFEP Sabre :
Basic Reservation Sabre
Modul Basic Reservation Sabre.
Bagi yang ingin belajar sistem reservasi khususnya yang ingin memperdalam Sistem Reservation Sabre, berikut panduan Basic Reservation Sabre :
Bagi yang ingin belajar sistem reservasi khususnya yang ingin memperdalam Sistem Reservation Sabre, berikut panduan Basic Reservation Sabre :