banner

Candi Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

banner

Soekarno-Hatta International Airport T3

Dengan luas 422.804 meter persegi, terminal baru ini sedikit lebih besar daripada Terminal 3 Bandar Udara Internasional Changi Singapura. Memiliki 10 gerbang untuk penerbangan internasional dan 18 untuk domestik, 206 konter lapor-masuk, 38 swakonter dan 12 konter bag drop, 48 garbarata, 2 hotel bintang 4, ruang pertemuan, toko bebas cukai, toko ritel, dan gedung parkir. Juga memiliki sebuah sistem pengamanan bagasi otomatis dengan sedikitnya 13 sabuk konveyor.

banner

Surfing (Selancar)

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan.

banner

Singapore (Kota Singa)

Nama Singapura berasal dari bahasa Melayu (Sanskrit सिंहपुर "Kota Singa"). Dewasa ini, Singapura kadang dijuluki sebagai Kota Singa. Studi sejarah membuktikan bahwa singa kemungkinan tidak pernah ada di pulau itu; makhluk yang dilihat oleh Sang Nila Utama, pendiri dan pemberi nama Singapura, bisa jadi seekor harimau.

banner

Burj Khalifa, Dubai

Burj Khalifa (bahasa Arab برج خليفة yang berarti 'Menara Khalifa'), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Istilah Perhotelan

Istilah Perhotelan




Sebagai seorang hotelier, kita harus memahami berbagai macam istilah yang terbilang cukup rumit untuk dipahami terutama bagi para pemula dalam bidang perhotelan. 

Istilah-Istilah Perhotelan  tersebut terbilang langka dan jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, Berikut istilah-istilah dalam perhotelan : 


A la carte                      :  Penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan
Arrival                           :  Kedatangan tamu ke hotel
Agent rate                      :  Harga kamar yang dikhususkan untuk Travel Agent
Allotmant                        :  Penjatahan kamar untuk travel agent
Average Room Rate        :  Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara pendapatan yang diperoleh  dari kamar dengan jumlah kamar yang terjual.
Average Occupancy        :  Rata-rata tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan cara membandingkan antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang tersedia.
Booking                                :  Pemesaanan kamar
Blocking room                   :  Kamar yang diblok untuk suatu keperluan
Book Keeping rate           :  Rate harga untuk pertukaran mata uang per dollar amerika yang dijadikan standar oleh
Breakfast                             :  Sarapan yang biasanya digratiskan oleh pihak perhotelan
Buffet                                   :  Penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan
Check-in (C/i)                    :  Kedatangan tamu untuk menginap
Check-out (C/o)                               :  Tamu meninggalkan hotel setelah selesai menginap
Check-in time                    :  Waktu yang semestinya untuk melakukan check-in di kamar
Check-out time                 :  Waktu untuk meninggalkan kamar hotel biasanya jam  12,00   
Cocktail                                                :  Minuman dengan alkohol
Contract Rate                    :  Harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdarsarkan term and condition
Compensation                  :  Pelayanan extra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau
                                                   kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut
Clear-up                               :  Membersihkan sisa makanan di meja tamu beserta wadahnya
Corporate rate                  :  Harga kamar yang dikhususkan untuk instansi pemerintah atau swasta yang telah
                                                   memiliki banyak kerjasama satu sama lain
Compliment                       :  Pemberian cuma-cuma sebagai hadiah
Departure                           :  Keberangkatan tamu dari hotel ke hotel ataupun destinasi lain
EA                                           :  Estimasi Arrival ( perkiraan Jumlah tamu yang akan menginap )
ED                                           :  Estimasi Departure  ( perkiraan Jumlah tamu yang akan check-out )
ETA                                        :  Estimasi Time Arrival ( perkiraan waktu kedatangan )
ETD                                        :  Estimasi Time Departure ( perkiraan waktu Keberangkatan )
Early Check-in                    :  Check-in lebih awal dari waktu yang ditentukan oleh Hotel
                                                   ( Ada yang free, ada yang kena biaya tambahan)
Fully booked                      :  Kamar sudah terpesan semua
Follow-up                            :  Menyelesaikan masalah yang tertunda atau yang sedang terjadi
FOC (Free of Charge)     :  Gratis.
Hospitality                           :  Keramahtamahan.
In House                              :  Tamu yang sudah menginap/Check-in (Jumlah kamar yang sudah Check-in)
In-house promotion       :  Kegiatan promosi yang dilakukan secara internal dalam suatu perusahaan.
Internal Customer           :  Pelanggan internal yang berada dalam suatu lingkungan organisasi/perusahaan,
   Contoh: karyawan, stockholder, dsb. Invoice Tagihan-tagihan.
Lobby                                    :  Bagian depan front desk atau resepsionis
Late Check-out                 :  Tamu meninggalkan hotel dengan waktu yang tidak semestinya seperti jam 14,00
                                                   atau setelahnya (Biasanya akan dikenakan biaya tambahan)
Lost And Found                                :  Pelayanan untuk masalah kehilangan dan penemuan barang-barang milik tamu, baik di kamar
   maupun di area hotel.
Mocktail                               :  Minuman tanpa alkohol
Menu                                    :  Daftar harga dari sebuah pelayanan atau barang
Net                                        :  Harga dari sebuah barang atau jasa setelah ditambahkan dengan pajak dan
                                                   pelayanan ( tax and service )
No Show Guest                                : Tamu yang sudah melakukan pemesanan kamar/reservasi, tetapi tidak datang pada waktu
   yang telah ditentukan.
OTA                                       :  Online Travel Agent ( Ex : Agoda, Expedia )
Out of Order                      :  Tidak bisa di pergunakan lagi
Occupancy                          :  Tingkat hunian.
Package                               :  Penjualan kamar yang disertai dengan berbagai macam pelayanan dalam satu harga khusus
Price List                              :  Daftar harga dari sebuah jasa atau barang perhotelan
Publish Rate                       :  Harga kamar yang telah diresmikan dan diberikan secara menyeluruh
Porter                                   :  Petugas pembawa barang.
Pick-up Service                 :  Penjemputan/Pengantaran dari dan ke Hotel tujuan Airport/Stasiun
Skipper                                 :  Tamu yang meninggalkan hotel tanpa membayar seluruh tagihannya.
Stay Over                            :  Tamu yang memperpanjang masa tinggalnya di hotel.
Surcharge                            :  Bayaran tambahan.
Sleep Out                            :  Tamu yang tidak tidur di hotel, meskipun kamar sudah dibayar.
Turn Down                          :  Pembersihan Kamar
Under Stay                         :  Tamu yang mempersingkat masa tinggalnya dari waktu yang telah ditentukan.
Updating                             :  Penyesuaian terhadap data yang telah dicatat sebelumnya sampai dengan waktu tertentu.
Up Grade                            :  Diberikannya kamar yang lebih baik dengan membayar harga kamar tipe yang lebih rendah.
Valet Butler                        :  Petugas yang memberikan pelayanan khusus kepada tamu.
Valet Laundry                    :  Petugas binatu yang mengambil maupun mengantar cucian tamu dari/ke kamar.
Valet Parking                     :  Petugas yang membawa, memasukkan kendaraan.
Voucher                               :  Sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak biro per jalanan/perusahaan penerbangan yang
   mempunyai nilai tertentu yang dapat dipakai untuk menginap di hotel.
   vouchers Kertas berharga bukan pengganti uang. Biasanya untuk mendapatkan barang.
Vacuum                               :  Membersihkan kotoran yang berada di kamar ataupun kolam renang
Walk In Guest (WIG)      :  Tamu yang menginap di hotel tanpa memesan terlebih dahulu.
Wake Up Call                     :  Dering telepon dari switchboard untuk membangunkan tamu.
Waiting Lounge                 :  Tempat tunggu.
Waiting List                         :  Daftar tunggu untuk memperoleh atau mengerjakan sesuatu.

Istilah Istilah Perhotelan

Goa Pindul



Goa Pindul

Goa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja. 

Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri.

Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.
Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing saja (akan kami bahas di bawah), ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata ini kami beri nama Cave Tubing Pindul.
Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul.

Tepatnya di sebelah timur kota Yogyakarta. Desa ini termasuk  "Desa Wisata" di GunungKidul Yogyakarta. 

Sejak tahun 2010 silam Obyek Wisata ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan hingga sekarang masih menjadi target destinasi untuk para wisatawan lokal, nasional maupun internasional.
Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, kami pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini.

Setiap wisatawan yang ingin menyusuri  gua, wajib mengenakan peralatan khusus yang sudah kami sebutkan di atas, dan wajib didampingi pemandu/guide dari pengelola. 

Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung, kami menyebut wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul.
Ban besar (tubing) tersebut sudah di modifikasi atau diberi pengait berupa tali menyilang di tengah berfungsi sebagai tempat duduk di atas air.
Sementara jaket pelampung di pakai seperti rompi, dengan ukuran tertentu yang mampu menahan berat badan lebih dari 100 kg tetap mengambang di permukaan air. Kami memastikan anda tidak akan tenggelam jika memakai jaket pelampung yang kami sediakan, karena sudah memenuhi standart team SAR.

Di tempat ini, di sediakan  3 jenis ukuran yang berbeda, yaitu kecil (untuk anak-anak), sedang/medium (all size untuk orang dewasa), besar (jumbo), dapat dipilih dan sesuaikan dengan ukuran tubuh.
Sebelum penyusuran wisatawan wajib melalui salah satu operator/pengelola. Dan wijib melakukan pembelian tiket.

Dari pembelian tiket wisata di Wirawisata (mungkin berbeda dengan operator lain) Wisatawan mendapatkan fasilitas : Peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing. Fasilitas di basecamp adalah tempat nyaman dan luas, free wifi hotspot, free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu lokal dan asuransi.

Goa Pindul



Ases Goa Pindul :
Untuk dapat menuju ke lokasi goa ini Anda dapat membawa kendaraan pribadi atau kendaraan sewa.
Dengan kendaraan pribadi rutenya :
Dari Kota Yogyakarta menuju Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dari Wonosari Anda langsung menuju ke Karangmojo. Setelah sampai di perempatan Argopolitan, belok kiri dan ikuti jalan desa. Anda sudah sampai di Desa Bejiharjo, dan Dusun Gelaran tidak jauh dari situ.
Sedangkan bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, rutenya :
Anda dapat menggunakan bus jurusan Yogya-Wonosari dengan tarif Rp 6.000 sekali jalan. Dan dari Wonosari Anda dapat menggunakan ojek menuju Desa Bejiharjo, Dusun Gelaran dengan biaya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Biaya tiket masuk :
Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 30.000 - 40.000 (minimal 5 orang.

Jam buka :
Goa Pindul buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Waktu yang tepat untuk menyusuri sungai adalah sekitar pukul 10.00-12.00 WIB.


Panduan Install PrintServer-NOFEP Sabre

Print Server NOFEP (Print server Sabre) berfungsi untuk menghubungkan antara sistem Sabre dengan print pada komputer kita, sehingga saat kita issued/cetak tiket maka secara otomatis tiket beserta Inv akan keluar/ke print.

Berikut Panduan Instal  Print Server-NOFEP Sabre :

Basic Reservation Sabre

Modul Basic Reservation Sabre.

Bagi yang ingin belajar sistem reservasi khususnya yang ingin memperdalam Sistem Reservation Sabre, berikut panduan Basic Reservation Sabre :