banner

Candi Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

banner

Soekarno-Hatta International Airport T3

Dengan luas 422.804 meter persegi, terminal baru ini sedikit lebih besar daripada Terminal 3 Bandar Udara Internasional Changi Singapura. Memiliki 10 gerbang untuk penerbangan internasional dan 18 untuk domestik, 206 konter lapor-masuk, 38 swakonter dan 12 konter bag drop, 48 garbarata, 2 hotel bintang 4, ruang pertemuan, toko bebas cukai, toko ritel, dan gedung parkir. Juga memiliki sebuah sistem pengamanan bagasi otomatis dengan sedikitnya 13 sabuk konveyor.

banner

Surfing (Selancar)

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan.

banner

Singapore (Kota Singa)

Nama Singapura berasal dari bahasa Melayu (Sanskrit सिंहपुर "Kota Singa"). Dewasa ini, Singapura kadang dijuluki sebagai Kota Singa. Studi sejarah membuktikan bahwa singa kemungkinan tidak pernah ada di pulau itu; makhluk yang dilihat oleh Sang Nila Utama, pendiri dan pemberi nama Singapura, bisa jadi seekor harimau.

banner

Burj Khalifa, Dubai

Burj Khalifa (bahasa Arab برج خليفة yang berarti 'Menara Khalifa'), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Pembatalan Tiket Sriwijaya Air


Prosedur Refund Sriwijaya Air :
Ketentuan Pembatalan :
  • Sesuai Peraturan Pemerintah (PM 185 tahun 2015) biaya pembatalan / Cancellation Fee (CF) dibebankan atas tiket dengan ketentuan sebagai berikut :

Pembatalan Tiket Lion Air


Prosedur Refund Lion Air :

Perubahan Ketentuan Refund berdasarkan PM No 185

A. Pembatalan diatas 72 jam dikenakan biaya CF sebesar 25% dari Base Fare

B. Pembatalan dibawah 72 jam sampai 4 jam sebelum DEP  dikenakan biaya CF sebesar 50% dari Base Fare

Untuk kondisi memaksa (force majeure) seperti contoh: bencana alam, yang menyebabkan penumpang meminta pengembalian jasa angkutan udara (refund tiket) maka dapat dikembalikan 90% dari harga dasar (basic fare)

Web Check In

Web Check-in... Ya, Web Check-in bisa digunakan untuk mengantisipasi agar penumpang tidak telat Chec-in saat tiba dibandara. Akibatnya penumpang di tolak Check-in dan mengakibatkan tiket hanya bisa di Refund (10% dari harga tiket) atau bahkan HANGUS.. Berikut adalah Link untuk melakukan Web Check-in tersebut :

PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR PM 185 TAHUN 2015


Pembatalan atau Refund Tiket

Apa yang dimaksud Refund?
Refund adalah sejumlah uang yang akan Anda terima atas pembatalan pemesanan tiket penerbangan yang bersifat refundable, serta tergantung pada kebijakan yang berlaku. Permohonan refund yang telah diajukan tidak dapat dibatalkan.

Gempa Subang 6,5 SR : Terasa Hingga Jakarta dan Banten Selama 8 Detik

    Foto: Ilustrator Andhika Akbarayansyah

Jakarta - Gempa yang mengguncang Subang, Jawa Barat terasa sampai di beberapa wilayah seperti di Jakarta dan Banten. Getaran gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) itu terasa lemah hingga bagian utara Banten, Jawa Barat.

"Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa di beberapa daerah. Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI atau ringan hingga lemah. Beberapa wilayah di bagian utara Banten, Jawa Barat dan Jakarta merasakan gempa dengan lemah dan mengayun selama 5 sampai 8 detik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu (19/10/2016).

Gempa itu berpusat di Laut Jawa pada pukul 07.25 WIB dan berada di kedalaman 654 km. Lokasi gempa dari Kota Subang, Jawa Barat berada sekitar 120 kilometer ke arah timur laut. Gempa ini tidak menimbulkan gelombang tsunami.

"Masyarakat di Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon, dan Sumedang dilaporkan merasakan guncangan tetapi lemah," ucapnya.

"Masyarakat di Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat dan apartemen merasakan guncangan yang lebih kuat. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal," sambung Sutopo.
(dhn/jor)

Sumber : detik.com

Kawah Putih Ciwidey



Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih adalah tempat wisata di Bandung. Berlokasi di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih sekitar 50 KM dari Kota Bandung ke arah selatan , Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.
Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.434 meter di atas permukaan laut. Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Akses Kawah Ciwidey :
Kawah Putih yang beralamat di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila Anda membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak penunjuk jalan. Dari Jakarta, Anda hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana Anda harus menuju ke Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwidey.
Bila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik angkot dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.
Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.
Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang – dilanjutkan ke terminal Ciwidey – lokasi Kawah Putih.

Kawah Putih Ciwidey
Fasilitas Kawah Putih Ciwidey :
Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, yaitu :

  • ·             Area parkir yang luas
  • ·             Mushola
  • ·             Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah
  • ·             Pusat informasi
  • ·             Restoran dan warung makanan
  • ·             Toilet

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey :
Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu 18.000 Rupiah per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut :

  • ·         Parkir atas (mobil): 150.000 Rupiah
  • ·         Ontang-anting: 15.000 Rupiah
  • ·         Parkir bawah (mobil): 6.000 Rupiah
  • ·         Parkir bawah (motor): 5.000 Rupiah
  • ·         Parkir bawah (bus): 25.000 Rupiah

Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan Anda sampai dengan lokasi kawah, bus tidak dapat parkir di atas. Maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah.
Apa itu ontang-anting? Ontang-anting berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘mondar mandir’ dan merupakan sebutan bagi kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adalah 12 orang, namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan ini.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Jam buka Kawah Putih Ciwidey :
Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Tips wisata Kawah Putih Ciwidey :
Agar perjalanan wisata Anda ke Kawah Putih lebih nyaman, simak tips-tips berikut ini:

  • ·         Suhu udara yang dingin bukan berarti Anda aman dari sengatan matahari, gunakan sunblock sebelum beraktifitas di Kawah Putih
  • ·         Bila Anda tidak kuat dengan bau belerang, bawahlah masker
  • ·         Bila tidak mempunyai masker, Anda dapat membelinya di lokasi
  • ·         Jangan terlalu lama berada di kawah karena dapat membuat pernafasan Anda terganggu, Anda  dapat naik sebentar ke atas dan kemudian kembali lagi ke kawah bila masih ingin melihat pemandangan Kawah Putih
  • ·         Bila rombongan Anda terdiri dari sedikit orang, sebaiknya memarkir kendaraan di gerbang dan kemudian lanjut menggunakan ontang-anting karena lebih murah, selain itu dengan ontang-anting Anda dapat menikmati pemandangan hutang pegunungan dengan jelas


Istilah Perhotelan

Istilah Perhotelan




Sebagai seorang hotelier, kita harus memahami berbagai macam istilah yang terbilang cukup rumit untuk dipahami terutama bagi para pemula dalam bidang perhotelan. 

Istilah-Istilah Perhotelan  tersebut terbilang langka dan jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, Berikut istilah-istilah dalam perhotelan : 


A la carte                      :  Penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan
Arrival                           :  Kedatangan tamu ke hotel
Agent rate                      :  Harga kamar yang dikhususkan untuk Travel Agent
Allotmant                        :  Penjatahan kamar untuk travel agent
Average Room Rate        :  Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara pendapatan yang diperoleh  dari kamar dengan jumlah kamar yang terjual.
Average Occupancy        :  Rata-rata tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan cara membandingkan antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang tersedia.
Booking                                :  Pemesaanan kamar
Blocking room                   :  Kamar yang diblok untuk suatu keperluan
Book Keeping rate           :  Rate harga untuk pertukaran mata uang per dollar amerika yang dijadikan standar oleh
Breakfast                             :  Sarapan yang biasanya digratiskan oleh pihak perhotelan
Buffet                                   :  Penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan
Check-in (C/i)                    :  Kedatangan tamu untuk menginap
Check-out (C/o)                               :  Tamu meninggalkan hotel setelah selesai menginap
Check-in time                    :  Waktu yang semestinya untuk melakukan check-in di kamar
Check-out time                 :  Waktu untuk meninggalkan kamar hotel biasanya jam  12,00   
Cocktail                                                :  Minuman dengan alkohol
Contract Rate                    :  Harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdarsarkan term and condition
Compensation                  :  Pelayanan extra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau
                                                   kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut
Clear-up                               :  Membersihkan sisa makanan di meja tamu beserta wadahnya
Corporate rate                  :  Harga kamar yang dikhususkan untuk instansi pemerintah atau swasta yang telah
                                                   memiliki banyak kerjasama satu sama lain
Compliment                       :  Pemberian cuma-cuma sebagai hadiah
Departure                           :  Keberangkatan tamu dari hotel ke hotel ataupun destinasi lain
EA                                           :  Estimasi Arrival ( perkiraan Jumlah tamu yang akan menginap )
ED                                           :  Estimasi Departure  ( perkiraan Jumlah tamu yang akan check-out )
ETA                                        :  Estimasi Time Arrival ( perkiraan waktu kedatangan )
ETD                                        :  Estimasi Time Departure ( perkiraan waktu Keberangkatan )
Early Check-in                    :  Check-in lebih awal dari waktu yang ditentukan oleh Hotel
                                                   ( Ada yang free, ada yang kena biaya tambahan)
Fully booked                      :  Kamar sudah terpesan semua
Follow-up                            :  Menyelesaikan masalah yang tertunda atau yang sedang terjadi
FOC (Free of Charge)     :  Gratis.
Hospitality                           :  Keramahtamahan.
In House                              :  Tamu yang sudah menginap/Check-in (Jumlah kamar yang sudah Check-in)
In-house promotion       :  Kegiatan promosi yang dilakukan secara internal dalam suatu perusahaan.
Internal Customer           :  Pelanggan internal yang berada dalam suatu lingkungan organisasi/perusahaan,
   Contoh: karyawan, stockholder, dsb. Invoice Tagihan-tagihan.
Lobby                                    :  Bagian depan front desk atau resepsionis
Late Check-out                 :  Tamu meninggalkan hotel dengan waktu yang tidak semestinya seperti jam 14,00
                                                   atau setelahnya (Biasanya akan dikenakan biaya tambahan)
Lost And Found                                :  Pelayanan untuk masalah kehilangan dan penemuan barang-barang milik tamu, baik di kamar
   maupun di area hotel.
Mocktail                               :  Minuman tanpa alkohol
Menu                                    :  Daftar harga dari sebuah pelayanan atau barang
Net                                        :  Harga dari sebuah barang atau jasa setelah ditambahkan dengan pajak dan
                                                   pelayanan ( tax and service )
No Show Guest                                : Tamu yang sudah melakukan pemesanan kamar/reservasi, tetapi tidak datang pada waktu
   yang telah ditentukan.
OTA                                       :  Online Travel Agent ( Ex : Agoda, Expedia )
Out of Order                      :  Tidak bisa di pergunakan lagi
Occupancy                          :  Tingkat hunian.
Package                               :  Penjualan kamar yang disertai dengan berbagai macam pelayanan dalam satu harga khusus
Price List                              :  Daftar harga dari sebuah jasa atau barang perhotelan
Publish Rate                       :  Harga kamar yang telah diresmikan dan diberikan secara menyeluruh
Porter                                   :  Petugas pembawa barang.
Pick-up Service                 :  Penjemputan/Pengantaran dari dan ke Hotel tujuan Airport/Stasiun
Skipper                                 :  Tamu yang meninggalkan hotel tanpa membayar seluruh tagihannya.
Stay Over                            :  Tamu yang memperpanjang masa tinggalnya di hotel.
Surcharge                            :  Bayaran tambahan.
Sleep Out                            :  Tamu yang tidak tidur di hotel, meskipun kamar sudah dibayar.
Turn Down                          :  Pembersihan Kamar
Under Stay                         :  Tamu yang mempersingkat masa tinggalnya dari waktu yang telah ditentukan.
Updating                             :  Penyesuaian terhadap data yang telah dicatat sebelumnya sampai dengan waktu tertentu.
Up Grade                            :  Diberikannya kamar yang lebih baik dengan membayar harga kamar tipe yang lebih rendah.
Valet Butler                        :  Petugas yang memberikan pelayanan khusus kepada tamu.
Valet Laundry                    :  Petugas binatu yang mengambil maupun mengantar cucian tamu dari/ke kamar.
Valet Parking                     :  Petugas yang membawa, memasukkan kendaraan.
Voucher                               :  Sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak biro per jalanan/perusahaan penerbangan yang
   mempunyai nilai tertentu yang dapat dipakai untuk menginap di hotel.
   vouchers Kertas berharga bukan pengganti uang. Biasanya untuk mendapatkan barang.
Vacuum                               :  Membersihkan kotoran yang berada di kamar ataupun kolam renang
Walk In Guest (WIG)      :  Tamu yang menginap di hotel tanpa memesan terlebih dahulu.
Wake Up Call                     :  Dering telepon dari switchboard untuk membangunkan tamu.
Waiting Lounge                 :  Tempat tunggu.
Waiting List                         :  Daftar tunggu untuk memperoleh atau mengerjakan sesuatu.

Istilah Istilah Perhotelan