Wisata Kepulauan Kei - Maluku


Wisata Pulau Kei

Kabupaten Maluku Tenggara merupakan sebuah kepulauan, dengan ibu kotanya Langgur. Secara geografis terletak antara 5⁰ – 6⁰ Lintang Selatan dan 131⁰ – 135,5⁰ Bujur Timur, dengan batas wilayahnya; sebelah Utara berbatasan dengan Irian Jaya bagian selatan, sebelah Selatan dengan Laut Arafura, sebelah Barat dengan Laut Banda dan Kepulauan Tanimbar, dan sebelah Timur dengan Kepulauan Aru. Kabupaten Maluku Tenggara terdiri atas 119 buah pulau kecil. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Maluku Tenggara terdiri atas 6 Kecamatan yaitu; Kei Kecil, Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Utara Timur, Kei Kecil Timur dan Kei Kecil Barat.
Menjejakkan kaki di pantai Kepulauan Kei akan menjadi sebuah pengalaman baru yang mungkin akan sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya di seluruh Indonesia. Butir pasir sehalus tepung akan memanjakan kulit kaki setelah menempuh perjalanan jauh menuju Ambon, dilanjutkan dengan penerbangan kedua dengan pesawat menuju kota Langgur-Tual. Kombinasi jernihnya air laut, halusnya pasir pantai, dan indahnya panorama ciptaan Tuhan terbentang dengan megah bagi setiap pejalan yang beruntung memiliki kesempatan mengunjungi kepulauan terkenal di Maluku Tenggara ini. Ya, semua tersaji di Pulau Kei Besar, dan Kei Kecil.
Beragam atraksi alam siap memanjakan setiap orang yang datang kesini. Ada mata air unik yang terdapat di tepi laut namun memiliki rasa tawar, ada wisata goa, ada pasir panjang sepanjang 2 km yang tampak putih membelah pulau, dan juga jika beruntung akan menemukan sekawanan pelikan Australia yang bermigrasi di Kepulauan Kei ini. Berfoto bersama sekumpulan pelikan bisa jadi sebuah perjuangan sendiri karena cepatnya mereka menangkap sinyal bagi pengganggu yang datang.


Wisata Pulai Kei Wisata Pulai Kei Wisata Pulai Kei
  • Pulau Kei Kecil
Bukit Mas Bait
Bukit Mas Bait adalah bukit yang paling tinggi terletak di Desa Kelanit, Pulau Nuro Roa, 9 Km dari Kota Tual. Dapat dicapai dalam 15 menit dengan menggunakan mobil. Di puncak bukit tersebut terdapat patung Yesus Kristus diatas bola bumi yang ditopang oleh tiang-tiang setinggi 7 M. Lokasi ini dipergunakan sebagai lokasi ziarah dan berdoa umat Katholik. Dari sana, panorama yang bagus dapat dilihat dari Pulau Nuro Roa danPulau Dullah serta pulau-pulau kecil disekitarnya.
Pantai Ngurbloat
Terletak di Desa Ngilngof ±17 Km dari Kota Tual, dan dapat ditempuh selama 30 menit berkendara. Merupakan pantai dengan pasir putih paling halus di dunia, masyarakat menamai pantai ini “Pasir Panjang”. Hamparan pasir putih yang indah, berair jernih dan bebas sampah menjadikan pantai ini cocok untuk aktivitas olah raga pantai. Dengan fasilitas akomodasi yang tersedia, setiap minggunya pengunjung memenuhi lokasi pantai ini untuk berenang atau menikmati sunset serta panorama indah disepanjang pantai.
Desa Tanimbar Kei
Desa Tanimbar Kei terletak di sebelah Barat Daya Kei Kecil dapat ditempuh 3 sampai 4 jam dengan kapal laut. Desa ini terbagi atas Kampung Atas dan Kampung Bawah. Banyak hal menarik dari kehidupan penduduk Tanimbar Kei, mulai dari seni arsitektur, adat istiadat hingga kepercayaan kepada leluhur yang masih dipegang sampai saat ini. Masyarakatnya menjaga budaya asli mereka dengan tetap bekerjasama meskipun agama yang dianut berbeda. Untuk dapat mencapai Kampung Atas terdapat sebuah anak tangga tua setinggi 10 sampai 15 M yang bersandar ditebing dan menyuguhkan pemandangan yang indah.
Pantai Disuk
Terletak di Desa Disuk, kecamatan Kei Kecil 18 Km dari Kota Tual, dengan waktu ditempuh 30 menit berkendara. Selain menikmati panorama alamnya, pengunjung juga dapat memancing ikan kemudian disantap bersama dengan kuliner tradisional khas setempat dihiasi pemandangan indah dari beragam jenis tanaman anggrek. Fasilitas bagi wisatawan sudah tersedia dengan baik sehingga ramai dikunjungi setiap minggunya.
Pemandian Evu
Pemandian Evu berada di Desa Evu, kecamatan Kei Kecil, 20 Km dari Kota Tual yang dapat ditempuh dalam waktu 45 menit berkendara. Kolam pemandian ini memiliki air yang jernih, sangat cocok untuk lokasi rekreasi bersama keluarga.
Pantai Ngursamadam
Pantai Ngursamadam adalah pantai yang cukup terkenal di daerah ini, terletak di Desa Ohililir bersebelahan dengan Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki warna laut biru-kehijauan yang indah serta dihiasi karang-karang di sepanjang pantai. Pantai ini dapat dicapai dengan berkendara sejauh 14 Km atau 20 menit dari Tual.
Ohoidertawun
Merupakan pantai berpasir putih panjang yang terletak di Desa Ohoidertawun, sekitar 12 Km atau 20 menit berkendara dari Tual.
Tulisan Mistis Di Dinding
Situs ini terletak di Desa Ohoidertawun, berjarak 17 Km dari Kota Tual. Tulisan ini menyerupai simbol bergambar cicak, perahu Belang (perahu tradisional) dan telapak tangan manusia yang terdapat pada dinding goa diketinggian 10 M dari permukaan laut. Tak satu pun masyarakat yang mengetahui kapan persisnya simbol-simbol ini dibuat dan untuk tujuan apa. Simbol (tulisan mistis) ini masih dapat ditemukan hingga sekarang. Selain itu, ada sebuah goa keramat yang bersebelahan dengan goa ini dan disebut oleh masyarakat sebagai Vid Nit yang berarti pintu kematian.
Pulau Kapal
Pulau Kapal terletak di Desa Sathen, berjarak 7 Km dari Kota Tual. Pulau Kapal merupakan pulau kecil yang menyerupai sebuah kapal dan dapat dilihat dalam jarak 300 M dari desa. Dipercaya bahwa kapal ini adalah kapal milik leluhur mereka, orang Bali, yang karam dilokasi tersebut dan berubah menjadi batu. Pulau tersebut menjadi tempat bagi habitat kelelawar. Pada bagian sisi kirinya terdapat batu yang menyerupai sekoci. Lokasi di depan Pulau Kapal sangat ideal untuk kegiatan snorkeling, laut yang kaya akan terumbu karang yang indah dan berair biru yang jernih.
Gua Hawang
Terletak di Desa Letwuan sekitar 15 Km dari Langgur. Di dalam gua terdapat batu yang menyerupai seorang pria bersama 2 ekor anjing peliharaannya. Menurut cerita setempat, dahulu kala ada seorang pemburu bersama anjingnya mengejar seekor babi, namun karena buruannya lepas, serta rasa letih dan haus menderu, akhirnya mereka berhenti dan meminum air di kolam. Namun karena airnya terasa pahit, sang pemburu marah dan mengumpat dengan kata-kata kotor. Akhirnya pemburu dan anjingnya pun berubah menjadi batu
foto oleh triptrus
  • Pulau Kei Besar
Pulau Kelapa
Pulau Kelapa adalah pulau kecil yang terletak di Desa Elat. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dan air yang jernih dapat dicapai dengan perahu selama 7 menit.
Taman Sos
Taman Sos merupakan objek wisata bahari yang kaya akan pemandangan bawah lautnya seperti terumbu karang dan bukit karang. Berlokasi di sebelah barat Desa Elat, dicapai dengan berperahu kira-kira 12 menit.
Sisnowain
Sisnowain merupakan obyek wisata alam yang terletak di puncak gunung Desa Yamtimur. Di tempat ini terdapat 2 batu besar yang penuh dengan jejak binatang pada permukaannya. Tidak jauh dari situ ada air jernih yang mengalir langsung dari sumbernya. Tempat ini dapat dicapai dengan berkendara dari Desa Elat selama 30 menit kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Desa Yamtimur selama 90 menit.
(Sumber : pesonaindo.com)

0 Komentar:

Post a Comment